Terapi Pengganti Ginjal

Hemodialisis

Hemodialisis adalah proses tindakan pembersihan darah dari zat-zat sampah, melalui proses penyaringan di luar tubuh. Tindakan hemodialisis mengharuskan Anda mengunjungi rumah sakit ataupun klinik dialisis sebanyak dua sampai tiga kali seminggu. Hemodialisis juga membersihkan zat-zat sampah dari tubuh Anda menggunakan ginjal buatan berupa mesin dialisis

 

Apa itu Hemodialisis (HD)?

Hemodialisis (HD) menggunakan filter buatan yang dipasang ke mesin untuk membersihkan darah Anda. Akses vaskuler dibuat melalui pembedahan agar darah dapat dikeluarkan dan dikembalikan ke tubuh Anda secara aman.

Dua jarum suntik akan dimasukkan ke dalam akses vaskuler, satu jarum untuk mengambil darah guna dibersihkan melalui mesin dialisis, jarum yang lain mengembalikan darah ke tubuh Anda. Hemodialisis yang dilakukan di rumah sakit atau klinik khusus dialisis juga menawarkan beberapa manfaat potensial, seperti kesempatan untuk bersosialisasi dengan pasien dan staf lainnya.

Keunggulan
  • Umumnya dilakukan 3 sesi dialisis per minggu
  • Dialisis dilakukan oleh tenaga kesehatan terlatih
  • Tidak memerlukan ruang penyimpanan stok cairan di rumah
  • Anda dapat bersosialisasi dengan orang lain di pusat hemodialisis
Kelemahan
  • Tusukan 2 jarum suntik untuk setiap sesi dialisis
  • Ada resiko infeksi darah dan perdarahan
  • Umumnya harus pergi ke pusat dialisis 3 kali seminggu
  • Jadwal dialisis tetap dan setiap sesi dialisis membutuhkan waktu 3-5 jam
  • Menurunkan sisa fungsi ginjal lebih cepat
Bagaimana Proses Tindakan Hemodialisis?

Hemodialisis menggunakan mesin untuk menyaring darah ketika ginjal sudah tidak dapat lagi bekerja dengan baik. Dengan hemodialisis, darah akan keluar dan disaring diluar tubuh. Darah kotor dari dalam tubuh akan dikeluarkan dan mengalir ke sebuah tabung dialiser untuk dibersihkan. Kemudian darah yang telah bersih dimasukkan kembali ke tubuh.

Pertama, seorang perawat dialisis akan menusuk jarum ke lengan Anda. Pompa pada mesin hemodialisis akan menarik darah Anda melalui salah satu jarum dan masuk ke dalam tabung. Tabung untuk penyaring darah ini yang disebut dengan dialiser.

Didalam dialiser, darah akan mengalir melalui serat tipis. Limbah dan cairan ekstra akan meninggalkan darah melalui lubang-lubang kecil pada serat tersebut. Kemudian selang yang berbeda akan membawa darah yang bersih ke dalam tubuh melalui jarum yang kedua.

Mesin hemodialisis akan membuang limbah dan cairan ekstra seperti bagaimana tubuh Anda membuat dan membuang urin. Hemodialisis tidak membuat ginjal menjadi lebih baik. Namun, itu akan membantu Anda merasa lebih baik dengan menyaring darah kotor ketika ginjal Anda gagal bekerja.