Para Ilmuwan Kebut Pembuatan Ginjal Buatan Berbasiskan Sel Punca

KPCDI – Kemajuan teknologi dan perkembangan ilmu pengetahuan menuntun para ilmuwan mencari cara untuk melakukan hal-hal yang dulu mungkin dianggap mustahil.  Di Australia, para ilmuwan mencari cara untuk bisa meningkatkan kualitas hidup para penderita gagal ginjal, yaitu dengan menciptakan ginjal berbasiskan sel manusia.

Seperti yang dilakukan para peneliti di Australian Institute for Bioengineering and Nanotechnology University of Queensland. Pada awal 2020 lalu, situs resmi kampus tersebut menyebutkan temuan ilmuwan mereka, yakni alat yang dapat mempercepat perwujudan penciptaan ginjal buatan berbasis sel punca.

Sel punca merupakan sel dalam tubuh yang masih polos dan belum memiliki fungsi apapun. Sel ini diketahui digunakan untuk terapi penyakit, seperti kanker dan yang terbaru digunakan untuk membantu proses pemulihan pasien covid-19 yang terbilang kritis.

Hanya saja, mendorong sel-sel ini menjadi sel-sel ginjal, atau bahkan membentuk organ ginjal baru bukan hal mudah. Kerap kali, ilmuwan membutuhkan banyak waktu untuk menemukan sinyal biokimia yang tepat dan dapat digunakan untuk mendorong pembentukan sel-sel tersebut.

Para ilmuwan  yang dipimpin Profesor Justin Cooper-White inilah yang membuat alat guna memudahkan proses identifikasi sinyal biokimiawi tersebut. Alat ini bernama Microfluidic Device.

Alat ini berisi sejumlah saluran mikroskopis. Sementara itu, sel punca ditempatkan di masing-masing saluran ini. Hal ini memungkinkan dilakukannya tes terhadap berbagai molekul pada ribuan sel punca. Peneliti dapat menganalisa mana molekul yang bisa mendorong pembentukan sel ginjal.

Alat ini juga bisa digunakan guna menyelidiki bagaimana sel-sel ginjal yang baru terbentuk berkomunikasi menggunakan sinyal kimia mereka. Interaksi antar sel inilah yang menjadi  landasan penting guna pembentukan sebuah organ.

Teknologi ini dinilai juga bisa digunakan untuk pengembangan organ-organ tubuh lainnya. Meski begitu, masih butuh waktu bagi para ilmuwan guna mewujudkan ginjal buatan tersebut. (Jon)

Leave a Reply