Jika Anda memiliki gejala:

  • Suhu tinggi (lebih dari 37,8 derajat)
  • Atau batuk secara terus menerus

Maka, jika Anda tinggal sendirian Anda harus mengasingkan diri dan berdiam di rumah selama tujuh hari, dan jika Anda tinggal dengan anggota keluarga atau berbagi rumah dengan orang lain maka Anda harus tinggal di rumah selama 14 hari. Diharapkan jangan pergi ke unit dialisis, dokter umum atau apotek sampai Anda telah berbicara dengan mereka melalui telepon terlebih dahulu.

Pasien dialisis dengan gejala COVID-19 harus menghubungi unit dialisis untuk menentukan apakah perlu menjalani dialisis dan mereka akan memberi tahu Anda kapan akan dilakukan. Jika ada orang lain di rumah Anda mengalami gejala COVID-19, Anda harus mencoba mencari tempat lain untuk tinggal selama 14 hari. Jika Anda tidak dapat tinggal di tempat lain, maka Anda harus mencoba untuk menjauh dari orang yang memiliki gejala.

 

Tidak Seorang Pun di Rumah Saya Memiliki Gejala, Lalu Apa yang Harus Saya Lakukan?

Ini tergantung pada seberapa rentan Anda terhadap COVID-19. Kami menjelaskan berbagai tindakan yang harus Anda ambil tergantung pada kerentanan Anda seperti digambarkan bawah ini:

Seluruh penduduk harus mengikuti anjuran pemerintah yang dirancang untuk meminimalkan kontak dengan sesama. Orang-orang diizinkan meninggalkan rumah mereka hanya untuk berbelanja untuk kebutuhan yang sangat penting, berolahraga sekali dalam sehari dan untuk alasan medis. Selain aturan-aturan ini, jika Anda atau anggota keluarga Anda tidak memiliki gejala COVID-19, siapa pun dengan penyakit ginjal akut-kronis (CKD) harus sangat ketat mengikuti langkah-langkah jarak sosial.

Ini berarti, jangan pergi ke toko jika memungkinkan (tanyakan apakah teman, keluarga atau tetangga bisa pergi untuk menolong Anda), hindari penggunaan angkutan umum yang tidak penting dan hindari kontak langsung dengan orang lain yang tidak perlu.

Langkah-langkah jarak sosial yang ketat ini juga berlaku untuk siapa saja yang berumur di atas 70 tahun, mereka yang hamil dan siapa pun yang berumur di bawah 70 tahun dengan kondisi kesehatan tertentu.

Adapun sekelompok kecil orang yang sangat rentan terhadap COVID-19 dan disarankan sedini mungkin untuk memulai isolasi diri secara ketat. Kelompok yang sangat rentan ini juga termasuk orang-orang dengan kondisi medis kronis atau yang kesehatannya secara keseluruhan menempatkan mereka dalam risiko tinggi, jadi mungkin Anda harus mengisolasi diri bahkan jika Anda belum melakukan transplantasi ginjal, menjalani dialisis atau tanpa minum obat imunosupresan.

 

Siapa yang harus Mengisolasi Diri?

Anda yang berisiko tinggi, harus mengisolasi diri sendiri, jika Anda termasuk didalamnya atau setidaknya satu dari kelompok berikut:

1. Anda memiliki transplantasi

2. Anda menjalani dialisis.

3. Jika Anda berusia di atas 70 tahun dan dalam terapi imunosupresan apa pun.

4. Penyakit ginjal yang disebabkan oleh peradangan, penyakit autoimun atau Anda berada dalam satu atau lebih kelompok pasien berikut:

 

    • Jika Anda saat ini menerima pengobatan siklofosfamid intravena atau pengobatan rituximab atau telah melakukannya dalam 6 bulan terakhir
    • Jika Anda menerima pengobatan cyclophosphamide dalam bentuk tablet (perawatan oral)
    • Jika Anda telah menerima prednisolon dengan dosis yang sama dengan atau di atas 20 mg tablet setiap hari selama lebih dari 4 minggu setiap saat dalam 6 bulan terakhir
    • Jika Anda telah menerima atau saat ini menerima lebih dari 5 mg prednisolon setiap hari selama lebih dari 4 minggu diminum dengan setidaknya satu jenis obat imunosupresif lainnya dalam 6 bulan terakhir. Jika Anda tidak yakin apakah obat lain yang Anda pakai jenis ini, silakan periksa dengan dokter Anda
    • Jika Anda menderita sindrom nefrotik (ginjal protein bocor, biasanya karena penyakit perubahan minimal, FSGS atau nefropati membranosa) dan saat ini nefrotik (yaitu kebocoran protein Anda tinggi / pergelangan kaki bengkak) atau Anda memiliki lebih dari satu serangan nefrotik (protein bocor) yang membutuhkan pengobatan selama 6 bulan terakhir.
    • Untuk anak-anak, dosis obat yang menempatkan mereka dalam kelompok yang sangat rentan, silakan hubungi tim dokter ginjal Anda untuk mengklarifikasi jika mereka belum melakukannya.

 

Sumber:
https://www.kidneycareuk.org/news-and-campaigns/coronavirus-advice/#ckdcovid

Baca Juga :  GINJAL: Tahukah Anda Beberapa Fakta Tentang Ginjal?
Bagikan :