Pandemi COVID-19 saat ini menyerukan tindakan mendesak dan belum pernah terjadi sebelumnya di semua aspek perawatan kesehatan, termasuk penyediaan dialisis untuk pasien dengan penyakit ginjal stadium akhir (ESRD). Perlu ada rencana darurat untuk wabah pandemi yang muncul ini. Pasien hemodialisis (HD) mempunyai kekebalan tubuh yang lebih rendah; karena itu mereka berisiko lebih tinggi terkena infeksi. Mayoritas pasien COVID-19 tetap asimptomatik atau hanya dengan gejala ringan sementara tetap menular, oleh karena itu mereka dapat menjadi sumber penularan terhadap orang lain.

Risiko ini semakin meningkat, mengingat kedekatan jarak antar mesin Hemodialisa (HD). Sumber daya tambahan yang signifikan akan diperlukan untuk mengimplementasikan strategi pengendalian infeksi seperti yang direkomendasikan oleh pedoman internasional. Wabah COVID-19 akan berdampak berat pada unit HD, terutama jika unit HD sudah melebihi kapasitas dan tidak siap untuk menangani wabah COVID-19.

Peritoneal Dialysis (PD) menawarkan solusi alternatif. Terapi dengan manfaat medis, sosial dan ekonomi yang lebih baik dibandingkan dengan HD, PD menjadi terapi berbasis rumah yang dapat mengurangi paparan pasien terhadap fasilitas kesehatan dan risiko penularan penyakit. Selama periode pandemi ini, banyak negara telah mengambil inisiatif untuk memprioritaskan PD daripada HD pada pasien ESRD baru. Di AS, pemasangan kateter PD sekarang dianggap sebagai prosedur penting (bukan elektif) untuk mendukung inisiatif ini.

Peluang untuk meningkatkan outcome pasien ESRD – 3 FAKTOR UTAMA:

 

1. Penguatan dan implementasi strategi pengendalian infeksi di unit HD

  • Pasien HD lebih sulit mempraktikkan social disctancing sehingga risiko infeksi pasien lebih tinggi, sedangkan pasien PD sudah terbiasa dengan sterilitas, dan kurang terpapar tehadap fasilitas kesehatan.
  • Kedekatan jarak antar mesin HD dan sifat asimptomatik namun infektif dari sebagian besar infeksi COVID-19 menimbulkan tantangan lebih lanjut pada pasien HD.

 

2. Pasien HD dan PD harus dilindungi dari infeksi selama perawatan

  • Terdapat rekomendasi dan pedoman yang ditetapkan dari banyak sumber termasuk ASN/CDC, ERA-EDTA, NICE, Perhimpunan Nefrologi Cina, dan Perkumpulan Nefrologi Taiwan.
  • Implementasi dari strategi pengendalian infeksi tambahan ini di unit HD akan membutuhkan pengeluaran dan sumber daya yang besar. Di sisi lain, PD sebagai terapi berbasis rumah, hanya membutuhkan sedikit sumber daya tambahan.

 

3. Memanfaatkan pengalaman dan praktik dari negara lain untuk memprioritaskan terapi berbasis rumah

 

  • Praktik dari China dan Inggris memprioritaskan terapi berbasis rumah (pemilihan PD untuk pasien ESRD baru dan/atau untuk pasien yang saat ini menjalani HD) untuk mengurangi paparan pasien ke fasilitas kesehatan dan risiko penularan penyakit. Bukti kuat telah menunjukkan manfaat kelangsungan hidup dini untuk PD dibandingkan dengan HD.
  • American Society of Nephrology telah menetapkan bahwa pemasangan kateter PD bukan elektif, melainkan prosedur penting, agar pasien tetap dapat menerima perawatan untuk mempertahankan hidup mereka.

 

Referensi:

1. Interim Additional Guidance for Infection Prevention and Control Recommendations for Patients with Suspected or Confirmed COVID-19 in Outpatient Hemodialysis Facilities. Centers for Disease Control and Prevention. [https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/healthcare-facilities/dialysis.html]
2. [https://www.era-edta.org/en/covid-19-news-and-information/]
3. COVID-19 rapid guideline: dialysis service delivery. NICE guideline. Published 20 March 2020.
4. Chinese Society of Nephrology. Recommendations for prevention and control of new coronavirus infection in blood purification center (room) (First trial version). Chinese Society of Nephrology, 2 March 2020.
5. Hwang SJ. Guideline for dialysis facilities during COVID-19 outbreak, Taiwan Society of Nephrology, 16 February 2020.
6. Mark Marshall. The benefit of early survival on PD versus HD – why this is (still) very important. Peritoneal Dialysis International. In press
7. [https://www.kidneynews.org/policy-advocacy/leading-edge/critical-clarification-from-cms-pd-catheter-and-vascular-access-placement-is-essential]

Baca Juga :  Kehamilan dan Penyakit (Gagal) Ginjal
Bagikan :