Menurut penelitian, satu dari tiga orang dewasa di Amerika berisiko terkena penyakit ginjal. Apa saja yang menjadi resiko utama penyakit ginjal? Faktor penyebab utama termasuk penyakit diabetes, tekanan darah tinggi, riwayat keluarga gagal ginjal dan usia 60 tahun atau lebih.

Penyakit ginjal seringkali tidak memiliki gejala, dan bisa saja tidak terdeteksi hingga penyakit tersebut menjadi lanjut. Tetapi melalui pemeriksaan urin sederhana dapat mengetahui jika kamu memiliki penyakit ginjal. Ingat! penting untuk melakukan pemeriksaan lebih awal, karena deteksi dini dan pengobatan yang tepat, dapat memperlambat atau mencegah berkembangnya penyakit ginjal.

Berikut ini dua pemeriksaan laboratorium sederhana untuk mengetahui penyakit ginjal :

Pemeriksaan Urin

Kamu bisa menyelamatkan organ ginjal kamu melalui pemeriksaan urin sederhana. Tanyakan kepada dokter Anda tentang Albumin Kreatinin Rasio (ACR) yang memperkirakan jumlah jenis protein, albumin, yang ada dalam urin sebagai tanda awal dari penyakit ginjal.

Pemeriksaan Darah

Laju Filtrasi Glomerulus (LFG) memberi tahu seberapa baik ginjal kamu bekerja untuk menghilangkan limbah dari darah. Pemeriksaan ini adalah cara terbaik untuk mengetahui fungsi ginjal. Lebih dari 90 baik, 60-89 harus dipantau, kurang dari 60 selama 3 bulan menunjukkan penyakit ginjal.

 

Faktor resiko utama termasuk;

 

  • Diabetes
  • Tekanan darah tinggi
  • Usia 60 atau lebih
Bagikan :
Baca Juga :  Dua Tes Sederhana untuk Memeriksa Penyakit (Gagal) Ginjal